7 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Jepang, negara yang terkenal dengan sebutan negeri Sakura dan termasuk ke dalam jajaran negara-negara maju di dunia serta di juluki pusat teknologi dunia menjadi pusat panutan bagi pemuda Indonesia. Dengan majunya teknologi saat ini, banyak pemuda Indonesia yang digandrungi 'Demam Jepang' dapat dengan mudah mendapat informasi mengenai negara Jepang dari internet. Seperti halnya tentang musik, budaya atau bahkan politik di Jepang saat ini. Bagi kalian yang berminat atau sedang berada di Jepang mungkin artikel tentang Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi ini bisa membantu menambah referensi untuk menikmati liburan anda di Jepang.

1. Gunung Fuji (Shizuoka)

Gunung Fuji. Photo by Jatibon
Siapa yang tak mengenal Gunung Fuji? banyak orang yang sekedar tau tentang 'Gunung fuji' atau 'Gunung Fujiyama', sebelum terlalu jauh mari kita luruskan, sebenarnya yama di belakang kata 'Fuji' dalam bahasa Jepang berarti Gunung. Dahulu Gunung Fuji dianggap gunung suci begitu juga dengan Gunung Tate dan Gunung Haku, warga Jepang meyakini bahwa para dewa bersemayam di puncak gunung tersebut dan akan turun di musim semi untuk memberikan kehidupan di tanah pertanian. Gunung api aktif dengan tinggi 3700 meter diatas permukaan laut ini terletak sekitar 150KM dari Ibukota Tokyo. Untuk sampai kesini anda bisa menggunakan kereta api atau shinkansen (kereta api super cepat) dari stasiun Tokyo atau anda juga bisa naik bus dari stasiun Shinjuku menuju stasiun Fuji. Eits, jangan khawatir nanti ada bus yang bisa mengantarkan kita ke atas gunung Fuji tapi hanya pada tingkat/stage 5 saja dan memakan waktu sekitar 20-30 menit saja, jika ingin naik lagi harus jalan kaki dong. Yang lebih uniknya lagi, di sepanjang jalan menuju stage 5 ini kita akan melewati singing road, yaitu jalan yang sengaja dibuat bergelombang dan akan mengeluarkan irama lagu tentang fuji, sangat indah dan menarik. Di stage 5 ini terdapat banyak penjual makanan, restoran dan toko souvenir loh dan juga kalo mau berkunjung ke Gunung Fuji atur jadwal yang tepat yah. Karna biasanya dihari libur Gunung Fuji akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

2. Hiroshima Peace Memorial Park (Hiroshima)

Hiroshima Peace Memorial Park
Hiroshima Peace Memorial Park. Source: atomicheritage.org
Hiroshima Peace Memorial  park merupakan sebuah kawasan khusus untuk mengenang tragedi bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di kota ini pada perang dunia dua. Sebelum kota ini diluluhlantahkan oleh bom atom, dulunya kawasan ini merupakan kawasan bisnis dan politik dan itulah alasan kuat mengapa kota Hiroshima pada saat itu yang ditunjuk untuk dihancurkan. Hiroshima Peace Memorial Park telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 1996. Bangunan yang hancur di kawasan ini menggambarkan akan kepedihan korban bom atom yang membunuh sedikitnya 70.000 jiwa dan 70.000 orang lainnya harus rela terkena radiasi bom nuklir yang dijatuhkan pada 6 Agustus 1945. Untuk sejarah lengkapnya anda bisa membacanya di Wikipedia.

3. Sensō-ji (Tokyo)

Asakusa Temple. Source: Wikipedia.org
Sensō-ji adalah kuil tua yang terletak di Asakusa, Tokyo. Kuil ini adalah kuil tertua dan yang paling penting di Tokyo. Tokyo mengadakan festival besar dan yang paling terkenal, Sanja Matsuri di kuil ini. Banyak wisatawan asing dan lokal mengunjungi Sensō-ji tiap tahunnya. Di sekitar area ini terdapat banyak toko-toko tradisional dan restoran yang menyediakan hidangan tradisional seperti Mie buatan sendiri, sushi, tempura, dll. Nakamise-Dori meripakan jalan dari gerbang menuju kuil terdapat banyak toko-toko kecil yang menjual beragam souvenir oleh oleh, ukiyo-e, pakaian tradisional Jepang Kimono, jajanan manisan tradisional, kaos dan masih banyak lagi yang lainnya. Toko-toko ini sendiri bagian dari tradisi untuk menjual sesuatu kepada peziarah yang berjalan menuju kuil Asakusa Sensō-ji.

4. Matsumoto Castle (Matsumoto, Prefektur Nagano)

Matsumoto Castle. Source: Wikipedia.org
Matsumoto Castle merupakan salah satu istana bersejarah di Jepang. Bangunan-nya juga dikenal dengan 'Istana Gagak' (Karasu-jo) karna warna hitam pada bagian luar bangunan ini. Matsumoto Castle terletak di kota Matsumoto, Prefektur Nagano. Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa naik bus atau shinkansen dari Ibukota Tokyo.

5. Kokyo Gaien (Tokyo)

Nijubashi Bridge - Kokyo Gaien. Source: johnharveyphoto.com
Kokyo Gaien adalah taman yang terletak di tengah-tengah Ibukota Tokyo. Kokyo sendiri dalam Bahasa Jepang berarti "Tempat Tinggal Kekaisaran", yap simpelnya Kokyo Gaien ini adalah Taman Istana Kaisar. Awalnya Kokyo Gaien ini tertutup untuk umum, dan baru di buka untuk umum sejak tahun 1949. Di lahan seluas 115 hektare ini kita bisa berkeliling sambil menikmati keindahan taman, Melihat indahnya air mancur Wadakura dan yang menjadi primadona adalah berfoto di jembatan Nijubashi. Sayangnya, jembatan ini tidak dibuka untuk umum. Kita diperbolehkan untuk melintasi jembatan ini saat peringatan ulang tahun kaisar pada 23 Desember dan saat open house istana kaisar setiap tanggal 2 Januari tiap tahunnya.

6. Kuil Ginkaku-ji (Kyoto)

Ginkaku-ji Temple. Photo by Juha Uitto
Memiliki nama resmi Jishō-ji, kuil ini terletak di prefektur Kyoto. Kuil ini memiliki cita rasa budaya Higashiyama pada zaman Muromachi. Kuil ini dibangun sebagai tempat peristirahatan oleh Shogun Ashikaga Yoshimasa pada tahun 1489. Kuil ini memiliki desain yang sama persis dengan kuil Kinkaku-ji. Kita bisa menikmati sejuknya taman di kuil Ginkaku-ji, melihat lebih dekat taman pasir khas Jepang dan banyak lainnya. Untuk sampai ke Kuil Ginkaku-ji anda bisa menaiki bus nomor 5 dari stasiun Kyoto atau stasiun Keihan Sanjo dan turun di tempat pemberhentian Ginkaku-ji mae. Kuil ini buka setiap hari sepanjang tahun mulai buka pukul 8:30 - 17:00 waktu Jepang (Maret-November) atau 9:00 - 16:30 (Desember-Februari). Biaya masuk ke kuil ini relatif murah, hanya 500 yen untuk dewasa, dan 300 yen untuk pelahar atau sekitar Rp. 56.000 Saja.

7. Yoyogi Park (Tokyo)

Yoyogi Park. Mehmet Aktugan
Anda hobi memotret? Yoyogi Park adalah tempat yang cocok untuk mengabadikan momen-momen anda saat berlibur di Jepang. Taman Yoyogi ini terletak di distrik Shibuya dekat dengan Harajuku, jadi jika anda lelah setelah berbelanja pakaian ada baiknya mampir sebentar ke Taman Yoyogi untuk menghilangkan lelah. Anda bisa mengunjungi Yoyogi National Gymnasiu, Bersantai di padang rumput di kawasan utara Yoyogi Park, mengunjungi festival yang sering sekali diadakan di kawasan selatan Yoyogi Park, Menikmati keindahan bunga Sakura di bulan April atau daun berguguran di musim gugur. Untuk sampai ke Taman Yoyogi ini, anda bisa menaiki JR Yamanote line dari stasiun Tokyo menuju stasiun Harajuku dengan ongkos sekitar 200 yen saja. Sesampai di  stasiun Harajuku, anda bisa berjalan ke Yoyogi Park sembari menikmati keindahan Harajuku, hanya 5 menit berjalan.


Sebenarnya ada banyak sekali tujuan tempat wisata di Jepang dengan beragam keindahan yang harus dikunjungi bagi anda yang sedang berlibur. Dengan mempersiapkan perencanaan tujuan wisata, tentu akan lebih hemat waktu dan tidak kebingungan nantinya jika sudah berada di Jepang. Bagi kalian yang belum bisa pergi ke Jepang jangan patah semangat ya! terus semangat dan jangan takut untuk bermimpi!
Title: 7 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi
Posted by:M. Ilham Syaputra
Published :2015-10-17T19:17:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 542 Reviews
7 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

0 Response to "7 Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini.