Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Dasar Untuk Pemula

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang banyak diminati oleh para pelajar. Ada banyak alasan mengapa bahasa ini banyak dipelajari. Selain karena budaya Jepang yang begitu familiar di kalangan masyarakat Indonesia, seperti kartun dan anime Jepang yang mendunia, destinasi wisatanya yang indah hingga makanan tradisional Jepang yang khas juga mampu membawa masyarakat Indonesia khususnya para remaja untuk belajar bahasa Jepang atau bahkan tertarik untuk mencari beasiswa ke Jepang dan tinggal di Negeri Sakura tersebut. Namun, berbagai kesulitan banyak ditemui di dalam proses pembelajarannya, mulai dari alfabet yang berbeda, cara baca, dan struktur bahasanya yang kompleks. Hal-hal tersebut terkadang menjadi kendala bagi para pemula untuk menguasai bahasa Jepang. Berikut disajikan cara-cara yang ampuh dan cepat untuk belajar bahasa Jepang bagi pemula.


Kenali Huruf Dasar Bahasa Jepang

Salah satu cara utama dalam belajar bahasa Jepang adalah dengan mengetahui dan menguasai huruf-huruf dasarnya seperti Hiragana, Katakana dan Kanji. Hiragana merupakan jenis huruf dasar dalam bahasa Jepang yang wajib diketahui oleh pemula. Di dalam bahasa Jepang, Hiragana dipakai untuk menulis kosakata, kata keterangan dan juga kata sifat. Tahap selanjutnya setelah menguasai huruf Hiragana adalah mengenal huruf Katakana. Katakana digunakan untuk menuliskan kata serapan atau bahasa asing dan biasa digunakan untuk menuliskan nama penduduk asing di Jepang. Huruf terakhir yang harus dikuasai setelah Katakana adalah Kanji. Kanji merupakan huruf-huruf dalam bahasa Jepang yang dibuat oleh bangsa Cina. Walaupun Cina dan Jepang memiliki huruf yang sama, akan tetapi masih ada perbedaan dalam kegunaannya. Di Jepang, Kanji digunakan untuk menuliskan kata kerja sedangkan di Cina huruf ini digunakan untuk menuliskan kata kombinasi. Kanji yang digunakan oleh orang Jepang juga relatif masih asli sedangkan yang digunakan di Cina sudah dimodifikasi dalam rangka memudahkan proses pembelajaran.

Perkaya Kosa Kata Bahasa Jepang Anda

Setelah mengetahui huruf sederhana dalam bahasa Jepang, langkah selanjutnya adalah mencoba memperkaya kosakata. Cobalah untuk sekedar mencari tahu dan menghafal kosakata sederhana yang dipakai sehari-hari dalam bahasa Jepang. Jika memungkinkan, anda bisa menempelkan kosakata tersebut di setiap barang di sekitar anda. Hal itu akan membantu anda dalam belajar bahasa Jepang.

Pelajari Struktur Bahasa Jepang

Salah satu kesulitan yang sering menjadi keluhan bagi mereka yang sedang belajar bahasa Jepang adalah struktur bahasanya. Struktur bahasa Jepang jelas sangat berbeda dengan bahasa ibu kita, Indonesia. Ini menjadi masalah serius bagi pelajar khususnya pemula. Walaupun terkesan sulit, mempelajari struktur bahasa Jepang amatlah penting karena ini akan menjadi dasar dalam pembentukan kalimat yang sempurna.

Pastikan Anda Selalu Dekat dengan Hal-hal ‘Berbau’ Jepang

Banyak orang percaya bahwa cara cepat untuk belajar bahasa asing adalah dengan berkunjung atau bahkan tinggal di negeri asal bahasa tersebut karena di sanalah proses pembelajaran yang natural akan terjadi. Namun, untuk pergi ke Negeri yang kaya akan teknologi tersebut tidaklah mudah. Salah satu upaya lain yang dapat dilakukan dalam belajar bahasa Jepang adalah dengan membiarkan diri anda terekspos dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Jepang. Semakin banyak input yang anda dapat, semakin cepat juga anda akan menguasai bahasa yang sedang anda pelajari. Menonton kartun atau anime Jepang atau mencoba menghafal dan mencari arti dari lagu-lagu Jepang dapat membantu anda dalam menguasai bahasa Jepang.
Title: Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Dasar Untuk Pemula
Posted by:M. Ilham Syaputra
Published :2015-10-23T19:00:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 542 Reviews
Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Dasar Untuk Pemula

0 Response to "Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Dasar Untuk Pemula"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini.