Kiat Berkarir Kerja di Jepang - Peluang Kerja di Jepang

Jepang merupakan negara kecil yang maju pesat dari zaman dahulu hingga sekarang. Negara yang terkenal dengan bunga sakura, kartun, anime dan masih banyak lainnya ini sangat diminati masyarakat luas. Tak hanya untuk berlibur, tetapi juga untuk kerja di Jepang. Tidak sedikit penduduk nusantara yang memilih berkarier di luar negeri, utamanya Jepang. Mereka memiliki banyak alasan mengapa memilih bekerja di luar negeri. Bisa jadi alasan utama adalah finansial namun bisa juga dengan alasan ingin memperluas wawasan, dan mendapat pujian dari masyarakat. Pasalnya, bagi sebagian orang, bekerja di negeri Sakura ini adalah hal yang sulit. Berikut ini kiat sukses untuk berkarier di Jepang.
  • Untuk memulai karier kerja di Jepang, anda bisa mengikuti program kenshuusei atau yang lebih dikenal dengan program magang kerja. Program ini diadakan juga oleh pemerintah yang dinamai dengan IMM Japan. Selain dengan mengikuti program IMM Japan, anda bisa juga langsung mendaftar melalui employment agency yang tersedia di banyak kota besar di Indonesia dan tentunya anda harus selektif memilih agen. Pilih agen yang terbukti berhasil dan dapat dipercaya ketika menyalurkan para tenaga kerja yang hendak meniti karier di negeri Sakura ini. Anda bisa mengecek track record tenaga kerja yang sudah dikirim ke Jepang untuk memastikan kualitas agen tersebut.
  • Kuasai bahasa Jepang. Bahasa Jepang menjadi unsur yang sangat penting untuk menunjang karier bekerja anda. Dalam kehidupan sehari-hari saja anda membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain. Walaupun orang Jepang terkenal pintar dan cerdas dengan segudang prestasinya, tapi dalam kenyataannya, tidak semua orang bisa berbahasa inggris terlebih penduduk Jepang memang mengutamakan bahasa asli mereka sebagai bahasa sehari-hari. Untuk itu, anda perlu belajar bahasa Jepang walaupun tidak sampai pada tingkat fasih. Setidaknya anda mengerti apa yang mereka ucapkan dan anda bisa menjawab dengan baik agar tidak terjadi miskomunikasi saat bekerja. Akan lebih baik lagi jika anda fasih berbahasa Jepang karena akan sangat membantu melambungkan karier kerja di Jepang.
  • Disiplin dan rajin. Bagi orang Jepang, kedisiplinan adalah hal utama yang harus diterapkan, baik untuk dunia kerja, pendidikan maupun untuk yang lainnya. Bisa anda lihat bahwa orang yang sukses pasti selalu disiplin dalam hidupnya. Jika anda malas-malasan saat bekerja di Jepang, maka anda tidak akan mendapatkan karier yang bagus. Yang ada anda hanya akan di nomor sekiankan oleh rekan dan atasan dan yang lebih parah anda bisa saja di depak kembali ke tanah air. Tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada karier anda saat kerja di Jepang, bukan?
  • Bagi anda yang masih menyandang status sebagai pelajar atau mahasiswa yang bermimpi ingin meniti karier di Negeri Matahari terbit ini, anda tak perlu khawatir karena bisa mengikuti program beasiswa untuk mahasiswa. Mahasiswa yang mendaftar program ini tidak akan langsung diberangkatkan ke Jepang namun akan ada seleksi di Indonesia dari perwakilan pihak Jepang. Setelah lulus nantinya, mahasiswa akan dibekali bahasa Jepang dan kemudian bisa berangkat ke untuk menuntut ilmu di sana. Setelah mahir berkomunikasi, para mahasiswa bisa mengambil kerja paruh waktu yang disediakan selama 28 jam dalam seminggu. Belajarlah dengan sebaik-baiknya dan manfaatkan keberadaan anda di Jepang untuk memiliki pekerjaan seperti yang anda inginkan. Kerja di Jepang tidak akan sulit asalkan anda gigih dan tekun.

Cara Mudah Berkarier ke Jepang

Apakah anda merasa keberatan dengan kiat-kiat di atas karena harus mendaftar ke sana-sini untuk pergi dan bekerja di Jepang? Cara yang satu ini lebih mudah untuk anda lakukan. Jepang memiliki banyak cabang industri di negara-negara berkembang khususnya Indonesia. Setelah lulus sekolah menegah kejuruan mungkin anda berminat untuk bekerja di salah satu cabang industri milik Jepang yang berdiri di Nusantara. Karena letaknya di Indonesia, maka syarat untuk masuknya juga tidak jauh berbeda dengan industri lain. Daftar dan awali karier anda mulai dari cabang industri Jepang. Jadilah seorang pekerja yang rajin dan berprestasi. Anda harus disiplin jika anda ingin berprestasi baik bekerja di dalam negeri maupun kerja di Jepang.

Jika anda terbukti menjadi tenaga kerja yang berprestasi, maka pihak perusahaan akan menawarkan anda untuk menjadi tenaga kerja di Jepang. Sungguh peluang yang sangat bagus, bukan? Anda bisa kerja di Jepang dan dibantu untuk mengurus segala macam persyaratan yang dibutuhkan. Itu cara mudah jika anda ingin menjadi tenaga kerja di perusahaan. Akan tetapi tidak semua orang menyukai pekerjaan sebagai tenaga kerja yang jadwalnya dikendalikan oleh perusahaan, contohnya seorang seniman, mereka lebih suka kerja di kantor ala seniman.

Jepang terkenal dengan anime, kartun dan lain sebagainya yang bergerak di bidang entertainment. Anda yang memiliki bakat menggambar dan membuat animasi bisa langsung datang ke Jepang dan mengikuti pameran-pameran yang diadakan, kemudian anda bisa langsung bergabung dengan perusahaan besar pembuat kartun dan lain-lain. Ini adalah langkah yang tepat untuk berkarier di Jepang yang sekaligus di dunia internasional. Kerja di Jepang dengan berlandaskan hobi dan bakat pastinya akan sangat menyenangkan dan memberi anda kepuasan tersendiri. Biasanya perusahaan entertainment pun membatasi dengan hanya merekrut anda yang belum berkeluarga. Anda harus berpikir ulang ketika anda ingin berkeluarga dan ingin tetap bekerja.

Cara mudahnya adalah dengan anda merintis usaha sendiri, menggambar dan memproduksi sendiri karya-karya anda yang luar biasa. Ada beberapa warga Indonesia yang bahkan menjadi bos di Jepang berkat usahanya di bidang seni animasi dan sejenisnya. Inilah contoh pekerja yang sukses berkarier di negeri matahari terbit dengan berbagai usaha yang dilalui sebelumnya. Hal ini tentu saja bisa mengharumkan nama tanah air. Adanya putra bangsa yang diakui di dunia internasional membuktikan bahwa sumber daya manusia kita tidak sepenuhnya rendah. Banyak anak bangsa yang justru dipakai di negara-negara tetangga namun kurang dihargai di negara sendiri. Hal inilah yang mendorong mereka untuk kerja di Jepang dengan harapan bisa mendapatkan kehidupan yang jauh lebih baik.

Jadi inti dari kiat berkarier di negeri sakura ini adalah niat, disiplin, mampu berbahasa Jepang, tidak mudah menyerah dan yang terakhir yaitu memiliki kreativitas yang tinggi. Semua kiat di atas bisa anda latih dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terasa berat. Seperti yang anda tahu bahwa seseorang memiliki prestige tersendiri jika bisa membawa diri mereka hingga ke negeri Jepang, negeri yang serba canggih. Peluang kerja di Jepang sangat terbuka lebar untuk anda yang memenuhi syarat dan mampu melihat fakta bahwa Jepang memang kekurangan tenaga kerja. Pasalnya, angka harapan hidup di sana relatif tinggi namun angka kelahirannya berbanding terbalik alias sangat rendah.

Title: Kiat Berkarir Kerja di Jepang - Peluang Kerja di Jepang
Posted by:M. Ilham Syaputra
Published :2015-11-01T19:30:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 542 Reviews
Kiat Berkarir Kerja di Jepang - Peluang Kerja di Jepang

1 Response to "Kiat Berkarir Kerja di Jepang - Peluang Kerja di Jepang"

Tinggalkan jejak anda disini.