20 hal yang khas saat musim panas di Jepang Bagian 1


Aktifitas yang dilakukan orang Jepang saat musim panas. Akhir bulan Mei sudah dekat, setelah itu berlanjut ke bulan Juni dan Juli. Dan ini sudah dekat dengan musim panas dan yang paling ditunggu tunggu adalah liburan musim panas. Mungkin banyak dari kalian yang mengetahui tentang liburan musim panas di Jepang ini melalui Anime atau film-film Jepang, tapi tahukah kalian kapan liburan musim panas dimulai?

Musim panas di Jepang dimulai dari bulan Juni hingga bulan Agustus, pada bulan Juni biasanya akan turun hujan yang disebut tsuyu, dan pada pertengahan Juni udara panas mulai terasa di Jepang. Penasaran apa saja yang dilakukan pelajar dan orang-orang Jepang disaat musim panas?

Tradisi musim panas di Jepang


1. Pelajar SMP dan SMA pergi kesekolah untuk aktifitas klub sekolah atau mulai menyiapkan festival sekolah.
Berapa lama waktu kalian pergi kesekolah selama liburan musim panas berbeda tergantung dari peraturan sekolah. Dan biasanya sekolah membatasi siswa untuk pergi ke sekolah untuk menyiapkan festival sekolah.

2. Pelajaran tambahan
Selama musim panas, sekolah menawarkan kursus belajar tambahan. Pelajaran tambahan selama musim panas ini biasanya dipersiapkan bagi siswa yang bersiap mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Jepang. Buat yang mau belajar tambahan yang bukan di sekolah, kalian harus mendaftar lebih cepat karna biasanya banyak peminat untuk belajar tambahan ini.

3. Mengunjungi nenek-kakek atau kerabat di Obon
Obon (お盆) adalah tradisi umat Buddha Jepang untuk menghormati semangat dan jasa para leluhur. Banyak orang yang mengambil cuti di hari ini, dan pergi kekampung halaman untuk mengunjungi orang tua, nenek-kakek atau kerabat dimanapun mereka tinggal. Terong dan timun beserta sumpit seperti gambar diatas adalah kendaraan para leluhur selama perjalanan mereka dari dunia yang selanjutnya, menurut kepercayaan mereka.

4. Memukul semangka
Memukul semangka dengan mata tertutup atau lebih dikenal dengan Suika Wari (スイカ割り) adalah suatu permainan yang wajib dimainkan di saat musim panas. Kalian meletakkan semangka di tanah, dan orang dengan mata tertutup berdiri 3-4 meter dari semangka itu. Lalu, orang-orang disekitar memandu dengan suara dimana semangka itu berada. Jika semangka sudah berhasil dipukul dan pecah, semua orang yang terlibat di permainan itu akan memakan semangka itu bersama-sama.

5. Makan Somen
Somen adalah mie tipis khas Jepang yang terbuat dari tepung. Waktu perebusan mie Somen ini relatif singkat, dan disajikan dengan piring berisi es untuk menghindari mie menjadi kaku saat kering. Somen dimakan dengan kecap yang diencerkan dengan dashi, dan biasanya dinikmati dengan jahe, jahe Jepang, wijen dan lainnya.

6. Melakukan Nagashi Somen.
Nagashi Somen (流しそうめん) adalah tradisi memakan somen yang meluncur turun dengan air dari bambu yang dibelah dua.

7. Kurang tidur karna malam yang lembab
 
Musim panas di Jepang terkenal dengan matahari terik dan kelembaban yang tinggi. Ini sudah menjadi hal yang biasa sepanjang malam. Bahkan ada kata khusus dalam bahasa Jepang untuk ini, yaitu Nettaiya (熱帯夜). Orang-orang menyesuaikan pendingin ruangan mereka dengan timer.

8. Suara cicada
Apa itu cicada? anda bisa membacanya disini. Suara cicada ini sering disebut dengan suaranya musim panas. Cicada mulai mengeluarkan suara lengkingan mereka sekitar bulan Juli dan di pertengahan bulan September. Beberapa orang yang "Beruntung" bisa di kencingi oleh cicada kalo dia terlalu dekat dengan cicada.

9. Menemukan bangkai cicada atau cicada yang sedang beristirahat di tanah.
Saat cicada mati, bagian belakang mereka selalu menyentuh tanah dan kaki-kakinya melekuk ke arah dalam. Saat cicada beristirahat, atau entah dengan alasan apa sedang berada di tanah, mereka juga berbaring seperti cicada mati. Kalian mungkin akan terkejut mendengar lengkingan cicada yang kalian pikir sudah mati tersebut.

10. Berburu serangga.
Berburu serangga, dikenal dengan Mushitori (虫取り), adalah aktifitas popular dikalangan anak-anak di Jepang. Target berburu mereka adalah cicada, kumbang badak, kumbang rusa, kupu-kupu dan lainnya.


baca 20 Hal yang khas saat musim panas di Jepang Bagian 2
Title: 20 hal yang khas saat musim panas di Jepang Bagian 1
Posted by:M. Ilham Syaputra
Published :2015-05-31T12:09:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 542 Reviews
20 hal yang khas saat musim panas di Jepang Bagian 1

0 Response to "20 hal yang khas saat musim panas di Jepang Bagian 1"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini.