Tips Memahami Kosakata Bahasa Jepang yang Digunakan Sehari-hari

Jepang merupakan salah satu negara Asia yang mempunyai pengaruh besar di dunia internasional. Kecanggihan teknologi dan tempat pariwisatanya adalah sebagian dari berbagai alasan yang membuat negeri sakura ini dikagumi oleh banyak negara. Di Indonesia, banyak anak-anak muda yang mempelajari kosakata bahasa Jepang demi mengenal lebih dekat kebudayaan negeri itu.

Memang banyak hal yang membuat Jepang menarik di mata warga Indonesia. Pariwisata-nya, bacaan komik dan film adalah segelintir alasan yang membuat para kawula muda tergila-gila dengan Jepang. Tak sedikit dari mereka yang belajar kosakata bahasa Jepang dan ingin merasakan tinggal di negara tersebut. Terlebih, sekarang ini Jepang memberi banyak kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mengenyam pendidikan di sana lewat berbagai tawaran beasiswa. Tawaran program beasiswa itu meliputi bantuan untuk studi penuh, misalnya beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang S2 dan ada pula beasiswa untuk program student exchange.

Berbagai penawaran beasiswa tersebut tentu dianggap sebagai kunci untuk mewujudkan impian para pecinta Jepang. Namun, untuk mewujudkan cita-cita, tentulah butuh perjuangan. Tidak sedikit dari sekian banyak beasiswa yang ditawarkan, mensyaratkan calon penerimanya mempunyai kemampuan berbahasa Jepang. Apakah Bahasa Inggris saja tidak cukup? Memang ada beasiswa yang tidak mengajukan persyaratan bisa berbahasa Jepang, tetapi jika Anda berada di negeri sakura, bukankah menguasai kosakata bahasa Jepang akan sangat membantu aktivitas keseharian Anda di sana?

Jika Anda beruntung mendapatkan beasiswa ke Jepang tanpa persyaratan menguasai Bahasa Jepang, bukan berarti sesampainya di sana Anda akan terbebas dari kewajiban belajar Bahasa lokal. Meskipun di sana Anda akan mempelajarinya mulai dari nol, tetapi jika sudah dipersiapkan sejak berada di tanah kelahiran, bukankah belajar kosakata bahasa Jepang akan menjadi lebih ringan? Untuk belajar bahasa Jepang dari dasar, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pemula. Berikut ulasannya.
  • Cara paling mudah untuk mulai belajar bahasa Jepang adalah dengan membuat kamus saku. Kumpulkan kosakata yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari. Dalam menginventariskan kata-kata itu, jangan lupa untuk ditulis sesuai kategori. Misalkan, kosakata bertemakan waktu, cara memperkenalkan diri, angka dalam bahasa Jepang, dan kosakata untuk kata kerja. Membuat daftar kosakata bertema akan memudahkan Anda untuk menghafalkannya.
  • Pelajari cara pengucapan kosakata Bahasa Jepang dengan benar. Seringlah latihan untuk mengucapkan setiap kata dengan artikulasi yang benar. Bukan hanya itu, perhatikan pula panjang dan pendeknya setiap huruf. Bahasa Indonesia tidak mengenal sistem panjang dan pendeknya bunyi yang dapat mengubah arti. Hal ini berbeda dengan Bahasa Jepang, satu huruf yang sama dapat memiliki arti yang berbeda tergantung dari panjang atau pendek bunyinya.
  • Setelah belajar kata demi kata, pahami juga tentang seluk beluk tata bahasanya. Mulai belajarlah untuk membuat kalimat sederhana. Perlu diingat, subjek di dalam bahasa Jepang bisa tidak dihadirkan dan predikat selalu terletak di bagian akhir kalimat. Dua hal itu hanyalah sebagian kecil dari aturan pembuatan kalimat dalam Bahasa Jepang.
  • Selain penjelasan di atas, pelajari pula huruf-huruf Jepang yang terdiri dari Katakana, Hiragana, dan Kanji.
Supaya kosakata Bahasa Jepang Anda bertambah dengan lebih cepat, seringlah mengonsumsi media Jepang, seperti membaca komik dan menonton film Jepang. Bergabung dengan komunitas percakapan Bahasa Jepang juga membuka lebar kesempatan untuk mempraktekkan penguasaan bahasa tersebut. Kunci dalam belajar bahasa adalah terus berlatih dan ada wadah untuk mengaplikasikannya. Jika Anda selalu konsisten dengan dua hal itu, belajar bahasa apapun akan menjadi lebih mudah.
Title: Tips Memahami Kosakata Bahasa Jepang yang Digunakan Sehari-hari
Posted by:M. Ilham Syaputra
Published :2015-10-27T19:30:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 542 Reviews
Tips Memahami Kosakata Bahasa Jepang yang Digunakan Sehari-hari

0 Response to "Tips Memahami Kosakata Bahasa Jepang yang Digunakan Sehari-hari"

Post a Comment

Tinggalkan jejak anda disini.